Menemani Anak Belajar Saat KKN

Aku pernah punya pengalaman KKN di dusun Baros Lor Desa Monggol kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul (11 Juli-31 Agustus 2017. Selama satu setengah bulan kami berbaur dengan warga, anak-anak, remaja dan orang tua.

Kelompok KKN-ku menjalankan beberapa program. Salah satunya membantu mengajar di SD Trowono 3. Di SD aku memberikan pelatihan menulis untuk kelas 4, 5 dan 6. Aku juga memberikan les Matematika tiap Sabtu. Kadang-kadang kalau ada kelas kosong karena gurunya sedang rapat/kegiatan di luar, aku dan temanku yang masuk ke kelas untuk menemani anak-anak belajar.

Harus sabar banget menghadapi anak-anak. Mereka agak susah diatur, sering ribut, dan kurang memperhatikan kalau aku menjelaskan. Namun, aku selalu mencari cara agar mereka mau mendengarkan materi dan mengikuti arahanku.

Mengenai anak-anak yang aku latih menulis, sudah ada lima siswa yang tulisannya dimuat di koran Kedaulatan Rakyat. Beberapanya aku cantumkan di postingan ini.

Komentar